Wednesday, March 7, 2012

Ngeblog bareng

Saat ini saya sedang menjadi 'tukang kompor' bagi komunitas alumni SMA agar mau ngeblog bareng dalam arti membuat 1 blog yang dikelola secara bersama-sama dan tugas tiap anggota komunitas adalah membuat 1-2 artikel fresh content per hari. Saya membayangkan jika ada 10 orang saja yang mau bergabung dalam project gado-gado ini maka ada sekitar 10-20 konten unik yang siap diupload mengisi blog bersama itu.

Kenapa saya mewacanakan ngeblog bareng? Sudah lama saya bermimpi mempunyai sebuah usaha bisnis yang dikerjakan oleh komunitas dengan tujuan lebih mempererat jalinan pertemanan, persahabatan dan persaudaraan yang sudah terjalin sejak bertahun-tahun lalu dan berubah menjadi sebuah hubungan bisnis yang saling menguntungkan untuk kebaikan bersama semua anggota komunitas.

Rata-rata anggota komunitas disibukkan dengan urusan masing-masing sehingga saya beranggapan perlunya membuat sebuah ikatan bisnis untuk mengisi kas komunitas dan bisa dimanfaatkan ketika ada keperluan mendadak yang perlu segera diambil tindakan cepat tanpa harus merepotkan sebagian anggota komunitas.

Alhamdulillah komunitas alumni SMA saya sudah beberapa kali mengadakan pertemuan rutin kopdar dan hampir tiap hari kami saling berhubungan lewat jejaring sosial Facebook. Setiap kopdar selalu ada haha-hihi, ketawa-ketiwi dan makan-makan yang biayanya memakai sistem bantingan alias urunan pas di TKP.
Saya bermimpi jika ada bisnis bersama maka kita bisa tetap haha-hihi, ketawa-ketiwi dan makan-makan tetapi biayanya ditanggung oleh keuntungan bisnis bersama yang dikerjakan oleh anggota komunitas. Jadi rasanya enak ga perlu bawa uang lebih dari rumah karena semua ongkos sudah ditanggung oleh bendahara bagian keuangan yang dipercaya oleh semua anggota komunitas.

Ngeblog sebenarnya cuma batu pijakan dan batu lompatan untuk rencana yang lebih besar. Saat ini ngeblog bareng bisa menjadi alternatif karena banyak program make money online via blog yang bisa diikuti untuk menjadikan blog sebagai sumber pendapatan. Tentu saja saya punya rencana yang lebih besar selain sebatas ngeblog bareng tetapi proses ini harus dikerjakan untuk mencari modal usaha awal.

Walaupun berasal dari 1 SMA yang sama tetapi dalam perjalanan hidup kami terbagi menjadi beberapa profesi baik yang di instansi negeri maupun swasta dan beberapa menjadi wirausaha mandiri. Ngeblog bareng bisa menjadi sarana promosi murah meriah bagi bisnis yang dijalankan oleh masing-masing anggota.

Insya Allah saya masih mempunyai beberapa planning lanjutan yang bisa dijalankan setelah proyek 'Ngeblog Bareng' ini bisa dieksekusi dan menjadi hal nyata bukan sebatas angan-angan. Namun harus disadari bahwa bisnis online adalah permainan jangkan panjang yang tidak bisa diharapkan secara cepat hasilnya. Semua perlu proses seiring bertambahnya pengalaman dan waktu.

Harus saya tegaskan bahwa saat ini TIDAK ADA SEORANG JAGOAN YANG BISA MENYELESAIKAN SEMUA HAL SEORANG DIRI APALAGI UNTUK BERSAING DALAM DUNIA BLOGGING ATAU BISNIS PADA UMUMNYA ... Saya lebih suka mempunyai TEAM JAGOAN YANG SIAP BERSAING DAN MASING-MASING ANGGOTA TEAM SADAR AKAN HAK DAN KEWAJIBANNYA SEHINGGA BISA SALING MELENGKAPI DAN MENYEMPURNAKAN. Ini jamannya KERJA KELOMPOK bukan lagi KERJA EGOIS SEORANG DIRI. Saya berharap mempunyai 10 ORANG BIASA YANG MAU DAN BISA BEKERJA SAMA daripada mempunyai 100 ORANG HEBAT YANG EGOIS DAN MAU MENANG SENDIRI

OK? Siapa yang mau bergabung?
Terlepas apakah rencana ini bisa terlaksana atau tidak, percayalah bahwa SAYA TETAP BANGGA MENJADI BAGIAN DARI KOMUNITAS ALUMNI dan SAYA MERASA BAHAGIA SERTA BERUNTUNG BISA MENGENAL TEMAN-TEMAN KOMUNITAS YANG SUDAH SEPERTI SAUDARA INI.

No comments:

Post a Comment