Monday, March 5, 2012

Internet: Sumber Informasi, Inspirasi dan Aspirasi

Saya memilih Internet jika ditanyakan hal seperti dalam judul diatas. Bagi saya, Internet bisa berarti apa saja. Kenapa? Apa alasannya?

Internet menjadi sebuah sumber informasi yang murah meriah dan cepat dari berbagai belahan dunia. Ketika saya membaca sebuah web news maka saya bisa memilih informasi sesuai hobi dan minat saya, saat itu juga. Saat ini Banyak pilihan webnews dengan berbagai plus minusnya, bahkan sebagian ada yang (bagi saya) sudah tidak lagi netral pemberitaannya karena selalu menyajikan kekurangan tokoh ini dan mengumbar pujian kelebihan tokoh itu, yang bagi saya memang si tokoh ini dan itu memiliki kekurangan soal empati pada rakyat dan kelebihan berat badan.

Internet bisa menjadi sumber inspirasi. Ketika saya memutuskan untuk menjadi seorang blogger nubita yang harus menuliskan apa saja dan dimana saja kejadian yang terjadi di sekitar saya maka saya memerlukan internet sebagai bahan referensi tulisan. Saya tinggal klak-klik mencari info yang dibutuhkan dan semuanya tersaji di depan mata siap diolah menjadi sebuah artikel yang semoga saja bisa menarik perhatian pembaca dan menimbulkan rasa rindu untuk terus berkunjung ke blog ini. Saya perlu inspirasi fresh dan bukan berita basi. Berbagai sumber informasi bahkan bisa diramu menjadi artikel pilar yang bisa bertahan lama di ranah maya, info update walaupun tulisannya mungkin sudah bertahun-tahun yang lalu tersedia secara nyata di beberapa web atau personal blog.

Aspirasi, ini yang paling saya sukai. Perkembangan dunia blogging dan konon adanya web ver 3.0 dimana kita bisa meninggalkan komentar di beberapa situs webnews menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Ketika aspirasi sebagian besar rakyat terhambat maka hadirnya blog bisa menjadi area curhat dan komunikasi menyebarkan aspirasi buah pemikiran ke dunia global. Kebebasan Informasi menjadi terbuka lebar. Blogger bisa menuliskan apa saja mulai dari hobby, internet marketing, make money online, cerpen, puisi curhat super lebay sampai kata makian menyerang individu tertentu. Tentu saja disini diperlukan kedewasaan berpikir dan bertindak agar tulisan kita tidak menjadi kontroversi dan menimbulkan masalah gugatan hukum yang memberikan dampak negatif bagi kita dan lingkungan sekitar.

Saat ini akses internet semakin murah karena beberapa provider saling bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dengan beragam pilihan paket data internet murah dan obral fasilitas jika kita mau bergabung dalam data anggotanya yang membayar harga untuk waktu durasi tertentu. Hal ini menggembirakan dan bermanfaat untuk para blogger dan konsumen internet umum.

Bagaimana menurut anda?

No comments:

Post a Comment