Monday, March 5, 2012

Cara Blogging: Membuat Konten Unik

Dalam tulisan yang lalu, Membuat 100 Artikel, saya sudah sedikit menyinggung soal konten unik untuk mengisi postingan blog karena Google lebih mencintai konten unik dan bukan copy paste. Lalu, bagaimana cara membuat konten unik?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain yaitu:

Menuliskan pengalaman hidup sehari-hari.
Konon, tidak ada orang yang mempunyai pengalaman hidup mirip 100%, kalaupun ada faktor kebetulan ya paling di angka maksimal 50% karena hidup manusia itu juga sesuatu yang unik dan selalu berbeda.

Jika kita menuliskan pengalaman hidup sehari-hari dalam bahasa yang kita mengerti maka Insya Allah bisa menjadi sebuah konten unik. Soal apakah konten yang kita tuliskan menjadi menarik buat pembaca atau tidak ya itu lain masalah. Yang penting kan unik. Iya nggak? Hehehe

Memakai program spin/ rewriter
Banyak sekali program spin/rewriter baik gratisan maupun berbayar di dunia internet. Silahkan pilih salah satu sesuai kegunaaannya. Tetapi pada dasarnya beberapa program ini hanya mengganti padanan kata yang sesuai.

Menurut pengalaman saya, program spin/ rewrite gratis sering menghasilkan konten unik dan lolos copyscape tetapi tatabahasa dan kosakatanya amburadul. Jika anda hanya mengejar unik dimata Google tetapi membuat pembaca bosan dan tidak kerasan memelototi artikel anda ya mungkin kurang memuaskan. Pengunjung yang datang hanya dari search Google dan cepat melupakan alamat URL blog anda. Anda tidak mempunyai pembaca setia yang akan berkali-kali datang ke blog anda. Anda hanya terus mencari korban baru yang tersesat meng-klik alamat blog anda. Lalu, apakah ini bermanfaat? Entahlah... silahkan anda jawab sendiri.

Memanfaatkan Mesin Pencari.
Menurut saya, ini yang agak bener yaitu memanfaatkan hasil pencarian dari mesin pencari Google, Bing dan Yahoo!. Bagaimana caranya?

Silahkan search tema yang ingin anda tuliskan. Misalkan saja anda memilih 'Cara membuat konten unik'. Lihat hasil yang muncul di katakunci tersebut. Ambil 3-5 besar alamat URL yang ada dan buat sebuah artikel baru yang fresh sesuai bahasa yang anda mengerti. Istilahlah bikin artikel gado-gado dari ferensi artikel yang ada di mesin pencari.

Konon, anda cukup membuat 2 alenia pertama yang unik dan alenia selanjutnya tinggal edit sana-sini sesuai bahan bacaan yang ada. Insya Allah artikel anda akan menjadi konten unik dan lolos copyscape, kalau belum lolos juga ya tinggal edit lagi sampai anda bisa menemukan artikel unik dan fresh content.

Itu beberapa cara blogging yang sering saya gunakan untuk membuat konten unik, bagaimana menurut anda?

No comments:

Post a Comment