Sunday, March 11, 2012

Bermain kata-kata

Kata orang, kepandaian dan kecerdasan seorang pemimpin akan nampak terlihat saat ini bisa menjaga emosi dan tutur katanya. Pemimpin yang pintar akan berpolitik dan selalu bermain kata-kata saat menemui hambatan dalam perjalanan karirnya. Sungguh tidak bijaksana ketika seorang pemimpin terlalu nampak menonjolkan 'aku' nya dan mengungkapkan emosi perasaannya secara vul-gar di depan umum.

Entahlah, apa yang sedang terjadi dengan negeri ini? Ketika kasus demi kasus banyak terungkap, nampak sekali ada beberapa tokoh masyarakat dan pemimpin yang terlihat emosi saat menghadapi massa umum dan pewarta berita (pers) dalam sebuah audiensi langsung. Wawancara dan diskusi sering berakhir ketegangan ketika sebagian orang tidak bisa mengontrol emosinya dengan baik dan benar.

Sebagian orang jelas terlihat panik dan mulai bicara tidak tertata yang kadang diluar kebiasaannya sehari-hari. Banyak kejadian sudah membuktikan hal ini. Bla bla bla, kata mereka. Sangat bertolak belakang dengan kadar kepatutan dan tampak meledak-ledak. Banyak celoteh tidak sadar dari pemimpin yang berujung pada guyonan di antara lapisan di bawahnya dan rakyat umum.

Tanya: kenapa?

No comments:

Post a Comment