Monday, March 5, 2012

Evie Turdi: pengasuh (nanny) Obama

Awal 1970-an, Barack Obama, presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, pernah tinggal di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan selama 3 tahun. Keluarga Obama kecil (Barry) lalu pindah ke Jalan Taman Amir Hamzah No 22, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Obama juga bersekolah di SD 01 Menteng, Jakarta Pusat, antara tahun 1969 dan 1970, yaitu kelas III dan IV. Pada awal tahun 1971 Obama bersama keluarga pindah ke Hawai.

Mengutip berita di kompas.com, Evie (66 Tahun), seorang waria, pernah menjadi pengasuh (nanny) Obama menurut hasil wawancara dengan Associated Press (AP). Dalam kartu tanda pengenal (KTP) Evie tertulis nama Turdi dengan jenis kelamin pria tetapi Dia lebih memilih nama Evie karena terdengar manis. Menurut AP, pihak Gedung Putih belum berkomentar saat ditanya tentang Turdi.

Sejumlah tetangga di rumah lama masa kecil Obama di Menteng, Jakarta, membenarkan bahwa Turdi pernah bekerja sebagai pengasuh pada pasangan Lolo Soetoro (ayah tiri Obama) dan Ann Dunham (ibu Obama) selama dua tahun.

Evie bertemu dengan Ann Dunham, ibunda Obama, yang mengikuti suaminya Lolo Soetoro tinggal di Jakarta, pada sebuah pesta pada 1969. Dunham menawarkan pekerjaan di rumahnya dengan tugas memasak, dan mengasuh Barry yang saat itu berumur delapan tahun. Evie juga mengantar jemput bocah itu ke sekolah, selain bermain dengannya.

Bagi Evie, kemenangan Obama memberinya kebanggaan, untuk kali pertama dalam hidupnya, "Orang boleh menyebut saya sampah masyarakat. Saya hanya akan bilang: Saya pernah menjadi pengasuh Presiden Amerika Serikat."

Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/03/06/06162987/Balada.Evie.Waria.yang.Pernah.Mengasuh.Obama

No comments:

Post a Comment