Friday, May 11, 2012

Fenomena | Sinyal Handpone di pesawat Sukhoi Superjet 100

Ramai muncul rumour dugaan penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 buatan perusahaan Rusia di lereng Gunung Salak, Jawa Barat, Kamis (10/5/2012). Salah satu gosip yang beredar di BlackBerry Messenger (BBM) dan blog adalah adanya Sinyal handphone di dalam pesawat.

Benarkah faktor penyebab kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 adalah penggunaan handphone pada saat pesawat Sukhoi itu sedang terbang?

Sementara itu, mengutip dari detikcom, Ruth Hana Simatupang, pengamat penerbangan, mengatakan kalau sampai saat ini belum ada pembuktian langsung sinyal HP menjadi penyebab kecelakaan pesawat di seluruh dunia. Tapi memang bisa mengacaukan sistem navigasi dan komunikasi. Jadi kalau bicara gunakan HT akan ter-inteference. Kalau sistem navigasi yang analog bisa muter-muter karena ada gelombang elektromagnetik.

Penyebab kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 memang masih serba misteri. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang akan melakukan penyelidikan dengan mengungkap black box pesawat. Mari kita tunggu hasil penyelidikan KNKT sambil mengirimkan doa kepada para korban dan keluarga yang ditinggalkan.

No comments:

Post a Comment